Apa itu survey permasalahan BK di Sekolah?

ARTIKEL TERKAIT

Download artikel rapinya Disini
BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang cara edukasi Nasional, edukasi diaktikan sebagai edukasi adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Lebih lanjut, mengenai fungsi edukasi dinyatakan bahwa edukasi nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Berdasarkan dua batasan di atas, maka edukasi di Indonesia ini tidak hanya memprioritaskan perkembangan aspek kognitif atau pengetahuan peserta didik, namun juga perkembangan individu sebagai pribadi yang unik secara utuh. Oleh karena setiap satuan edukasi harus memberikan layanan yang dapat memfasilitasi perkembangan pribadi siswa secara optimal berupa bimbingan dan konseling. Pemahaman mengenai apa dan bagaimana layanan bimbingan di sekolah mutlak diperlukan oleh pengawas. Hal ini adalah bagian dari kompetensi supervisi manajerial yang harus dilakukannya terhadap setiap sekolah yang berada dalam lingkup binaannya.
Melaksankan survey permasalahan BK di SMA Muhammadiyah sampit adalah memenuhi tugas mata kuliah survey permaslahan BK disekolah.dan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan BK disekolah itu. Maksudnya, dengan melakukan kegiatan langsung calon pemula pembimbing/  konselor dapat mengetahui secara langsung apa dan bagaimana pelaksanan BK disekolah itu. apa permasalahan yang dihadapi disekolah tersebut sehingga dapat menjadi bahan pemlajaran bagi calon pembimbing/konselor pada suatu sekolah nantinya.
C.   Tempat dan waktu survey
SMA Muhammadiyah sampit.
Pertemuan (1) pertama tanggal 12 April 2010,
Pertemuan (2) kedua tanggal 16 April 2010,
Pertemuan (3) ketiga tanggal 23 April 2010
Pertemuan (4) Keempat tanggal 10 Mei 2010
Pertemuan (5) Kelima tanggal 26 Mei 2010
BAB II
PELAKSANAAN KEGITAN SURVEY PERMASALHAN BK DISEKOLAH
A. Penyusunan program
Data riil
Dengan menggunakan buku sebagai literature dalam melaksanakan program kerja di sekolah tahun pelajaran 2009/2010.
Kelas X,
BAB 1       SEKOLAHKU
1.      Sekolah di SMA
2.      Pengenalan terhadap sekolah
3.      Pentingnya keseriusan dalam belajar
BAB 2       TATA TERTIB SEKOLAH
1.      Untuk apa ada tata tertib?
2.      Tata tertib di sekolah
3.      Hak dan kewajiban siswa
BAB 3       PEMAHAMAN DIRI
1.      Siapakah aku ini?
2.      Untuk apa aku lahir dan hidup?
3.      Menjadi apakah aku nanti?
BAB 4       MENGENAL DELAPAN KECERDASAN MANUSIA
1.      Anugerah gratis
2.      Aneka macam kecerdasan manusia
3.      Mau memahami kecerdasan manusia
BAB 5       KONSEP DIRI REMAJA
1.      Konsep diri dan remaja
2.      Pengertian dan macam- macam konsep diri remaja
3.      Faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri
4.      Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi
5.      Usaha- usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja
BAB 6       MOTIVASI, DASAR PRESTASI
1.      Pentingnya motivasi
2.      Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi belajar
3.      Cara mempertahankan motivasi belajar
4.      Kategori motivasi belajar
5.      Dua pola belajar
BAB 7       KOMUNIKASI DAN HIBUNGAN ANTAR PRIBADI
1.      Pengertian komunikasi
2.      Kepada siapa kita berkomunikasi
3.      Komunikasi antar pribadi
4.      Komunikasi yang efektif
BAB 8       NILAI- NILAI KEHIDUPAN
1.      Pengertian
2.      Kategori dan aspek nilai
3.      Beberapa contoh nilai- nilai kehidupan
BAB 9       PSIKOLOGI REMAJA
1.      Masa remaja
2.      Perubahan yang terjadi
3.      Tahap- tahap masa remaja
4.      Kebutuhan psikologi dan tugas perkembangan remaja
5.      Masa transisi dan adaptasi
6.      Ada pesan dan harapan
BAB 10     SULIT BELAJAR
1.      Gejala kesulitan belajar
2.      Faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan belajar
3.      Langkah mengatasi kesulitan belajar
4.      Indikator pemecahan masalah
BAB 11     MENGENAL PERGURUAN TINGGI
1.      Memahami perguruan tinggi sejak awal
2.      Bentuk perguruan tinggi di Indonesia
3.      Status kepemilikan perguruan tinggi
4.      Nama program di perguruan tinggi
5.      Apabila ingin kuliah keluar negeri
BAB 12     PENJURUSAN DI SMA
1.      Mengapa ada penjurusan
2.      Mengenal kurikulum
3.      Jurusan atau program studi di SMA
4.      Struktur kurikulum di SMA
5.      Persyaratan pemilihan jurusan
BAB 13     BEKERJA SEBAGAI PANGGILAN HIDUP
1.      Bekerja dan hidup
2.      Makna bekerja
3.      Lapangan kerja
4.      Ke mana akan bekerja
Kelas XI,
BAB 1       MAKNA BELAJAR
1.      Pengertian belajar
2.      Strategi belajar
BAB 2       PRINSIF DAN GAYA BELAJAR
1.      Mengenal otak kita
2.      Prinsif belajar
3.      Gaya belajar
4.      Modalitas belajar dan ciri- cirinya
5.      Keterampilan mencatat
6.      Jarus belajar yang efektif dan efisien
7.      Meningkatkan keterampilan mendengar
BAB 3       AYO, ATURLAH WAKTUMU
1.      Pentingnya mengatur waktu
2.      Sejarah pembagian wakktu
3.      Mengenal manajemen waktu
4.      Membangun kebiasaan mengatur waktu
BAB 4       AKU MELIHAT BAKAT
1.      Bakat, kemampuan, dan prestasi
2.      Bakat umum dan bakat khusus
3.      Tes bakat dan tes prestasi
4.      Faktor- faktor yang mempengaruhi bakat dan prestasi
5.      Cita- cita
6.      Faktor- faktor yang mempengaruhicita- cita
BAB 5       ETIKA PERGAULAN
1.      Pengertian etiket dan etika
2.      Perbedaan etiket dan etika
3.      Memahami etika dan dan prinsif etika
4.      Prinsif etika pergaulan
                  Melaksanakan prinsif- prinsif etika pergaulan
BAB 6       PERGAULAN REMAJA
1.      Pergaulan sehari- hari remaja
2.      Aspek psikososial remaja
3.      Faktor- faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja
4.      Prinsif dasar pergaulan yang sehat
5.      Supaya pertemanan terjalin langgeng
BAB 7       KEPEMIMPINAN REMAJA
1.      Pengertian kepemimpinan dan pemimpin
2.      Katakter seorang pemimpin
3.      Remaja pemimpin masa depan
4.      Prinsif- prinsif kepemimpinan remaja
5.      Kamulah sang pemimpin
BAB 8       DIMENSI KECERDASAN REMAJA
1.      Dimensi kecerdasan manusia
2.      Kecerdasan otak/ kecerdasan intelektual (IQ)
3.      Kecerdasan emosional (EQ)
4.      Kecerdasan fisik (PQ)
5.      Kecerdasan spiritual (SQ)
6.      Keterkaitan IQ, EQ, PQ, dan SQ
7.      Adversity quotient ( mengubah hambatan menjadi peluang )
BAB 9       MASALAH MUNCUL SOLUSI MENYUSUL
1.      Remaja dan masa remaja
2.      Dimensi perubahan remaja
3.      Masalah pada remaja
4.      Stress dan depresi pada remaja
5.      Mengatasi srtes dan depresi
6.      Langkah- langkah mengatasi masalah
BAB 10     BERFIKIR DAN BERSIKAP POSITIF
1.      Prasangka/ pikiran negative
2.      Berfikir positif
3.      Bersikap dan bertindak positif
BAB 11     REKREASI REMAJA
1.      Pengertian dan pola rekreasi
2.      Sejarah rekreasi
3.      Nilai- nilai rekreasi
4.      Prinsif- prinsif rekreasi
5.      Manfaat rekreasi
6.      Faktor yang mempengaruhi rekreasi remaja
7.      Bentuk- bentuk rekreasi
8.      Merencanakan rekreasi kelompok
BAB 12     REMAJA ANTI KORUPSI
1.      Korupsi di sekitar kita
2.      Pengertian dan indikasi korupsi
3.      Jenis tindakan korupsi
4.      Membangun sikap anti korupsi
5.      Remaja anti korupsi
BAB 13     REMAJA MANDIRI
1.      Kodrat manusia
2.      Kemandirian
3.      Proses perkembangan kemandirian
4.      Kemandirian sebagai kebutuhan psikologis remaja
5.      Ciri- ciri pribadi mandiri
Kelas XII,
1.    Pengambilan keputusan setelah SMA
2.    Kalau anda ingin masuk perguruan tinggi
3.    Perguruan tinggi negeri
4.    Program edukasi sarjana
5.    Menguak tabir masing- masing jurusan
6.    Persiapan bagi calon mahasiswa baru
Data Seharusnya :
1.      Persiapan BK
a.       Pembagian tugas BK
b.      Menysun program BK
c.       Mengadakan bahan layanan dalam perlengkapan administrasi BK
2. Pelaksanaan kegiatan layanan BK
Layanan Orientasi
Layanan Informasi
Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan Bimbingan Belajar
Layanan Konsling Individual
Layanan Bimbingan Kelompok
Layanan Konseling Kelompok
3. Kegiatan Pendukung
a.       Instrumentasi BK
b.      Himpunan Data
c.       Konfrensi Kasus
d.      Kunjungan Rumah
e.       Alih tangan Kasus
4. Evaluasi pelaksanaan program
5. Analisis Pelaksanaan Program
6. Tindak lanjut Pelaksanaan Program

B.  Orientasi Lapangan
1.  Jumlah Siswa keseluruhan 154  Siswa
     Terlampir :
2.  Jumlah Guru/ personal Sekolah
Jumlah Guru keseluruhan sebanyak 21 orang
3.  Visi dan misi Sekolah
Visi :
Bermutu, terdidik, disiplin dan menguasai IPTEK berdasarkan IMTAQ
Misi :
·      Meningkatkan praktek dan pelaksanaan ibadah sesuai tuntunan
·      Meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar
·      Memanfaatkan perpustakaan, laboratorium dan sarana/fasilitas penunjang lainnya
·      Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif seluruh warga sekolah
·      Meningkatkan keterampilan melalui kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan
·      Meningkatkan wawasan kepemudaan melalui kegiatan koperasi sekolah dan organisasi siswa lainnya
·      Melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan prestasi akdemik tingkat daerah, nasional dan internasional seperti penulisan KIR, lomba tes tertulis, beberapa bidang studi mengarang, pidato, sampai dengan olympiade bidang studi dan komputer.
·      Melibatkkan diri dalam kegiatan-kegiatan prestasi akademis tingkat daerah, nasional dan internasional, olahraga, keagamaan, keterampilan dan kesenian
4.  Tata tertib sekolah
Menggunakan cara poin dalam Tatatertib sekolah dan terlampir

C. Orientasi Bimbingan Konseling
Data Riil :
1.  Jadwal Konseling
     Tidak menggunakan jadwal dalam melaksanakan konseling
2.  Visi dan Misi BK
     Tidak mebuat visi dan misi BK
     Data Seharusnya :

VISI BK
Bimbingan dan Konseling sebagai ilmu dan profesi harus mampu memberikan sumbangan bagi dunia edukasi Nasional dan kehidupan masyarakat pada umumnya. Visi BK tidak lagi dibatasi pada setting sekolah, melainkan menjangkau bidang di luar sekolah yang memberikan nuansa dan corak pada penyelenggaraan edukasi yang lebih sensitif, antisipatif, proaktif dan responsif terhadap perkembangan peserta didik dan warga masyarakat sehubungan dengan pemikiran tersebut secara Institusional visi Bimbingan dan Konseling di arahkan menjadi jurusan unggulan.
MISI BK
1.  Misi edukatif, yaitu mendidik individu di dalam masyarakat dengan mengembangkan perilaku-perilaku efektif, baik perilaku jangka panjang, jangka pendek maupun keseharian.
2.  Misi pengembangan, yaitu memfasilitasi perkembangan individu di dalam masyarakat ke arah perkembangan optimal melalui strategi dan pendekatan psiko-paedagogis sebagai upaya pengembangan lingkungan, pengembangan individu dan/atau lingkungan belajar
3.Stuktur guru pembimbing
Data Riil ,
Struktur Organisasi SMA Muhammadiyah Sampit.
D. Orientasi masalah 
Masalah yang sering terjadi di sekolah ini yaitu masalah kedisiplinan dan melanggar peraturan-peraturan sekolah yang meliputi:
-    bolos
-    sering terlambat
-    merokok
-    berkelahi
-    sering jahil kepada murid kelas X
BAB III
ANALISIS MASALAH DAN PEMBAHASAN
Contoh Kasus : Membolos
Data Riil :
Cara Penyelesaiannya:
·      memanggil siswa menghadap guru piket
·      kemudian guru piket menyerahkan kepada wali kelas
·      wali kelas memberi arahan kepada siswa. Apabila siswa masih berbuat kesalahan, langsung diserahkan kepada guru pembimbing
·      guru pembimbing memberi bimbingan sebanyak 3 kali, apabila dia masih melakukan perbuatan tersebut maka guru pembimbing memberi surat peringatan kepada orang tuanya setelah itu baru diproses.
Data Seharusnya :
Cara penyelesaianya:
A.  Langkah Analisis
Langkah analisis adalah langkah pengumpulan data tentang siswa yang berkenaan dengan bakat, minat, motif, kesehatan fisik, kehidupan, emosi, dan krakteristik yang menghambat atau mendukung penyesuaian diri siswa.
·      Hasil Analisis buku raport
·      Observasi langsung
·      Wawancara
·      Sumber informasi;
B.  Langkah Sintesis
            Langkah Sintesis adalah langkah mengoordinasi dan merangkum data yang diperoleh dalam langkah analisis untuk melihat kecendrungan, kekuatan, kelemahan, kelebihan, penyesuaian diri dan potensi lainya.
C. Langkah Diagnosis
Langkah Diagnosis adalah langkah menggali, mengindentifikasi inti masalah dan factor-faktor penyebabnya. Langkah ini adalah langkah penapsiran data dengan kaitannya dengan gejala-gejala masalah, kekuatan dan kelemahan siswa.
D. Langkah Prognosis
Langkah Prognosis adalah langkah menggali altenatif bantuan yang dapat atau mungkin diberikan kepada siswa sesuai hasil diagnosis..
E. Langkah Konseling
F. Langkah Tindak Lanjut
BAB IV
KESIMPULAN
Dari hasil survey yang kami lakukan, diperoleh data dimana pelaksanaan BK di SMA Muhammadiyah Sampit tidak sesuai dengan pelaksanaan  BK, yang seharusnya. Hal ini disebabkan sarana dan prasarana yang tidak mendukung, dan tidak mencantumkan kurikulum yang seuai dengan perubahan kurikulum edukasi. Guru BK di sekolah tersebut selain menjabat sebagai Guru Pembimbing, beliau juga menjabat sebagai Guru Mata pelajaran Sosiologi dan Muatan Lokal,  sehingga beliau tidak terlalu memfokuskan terhadap Bimbingan Konnseling.
Dari hasil data yang diperoleh pelaksanaan BK di sekolah ini penyusunan programnya hanya memakai buku sebagai literature, dan cara penanganan masalahnya tidak berpedoman dengan teori, Guru Pembimbing cenderung langsung melihat permasalahan yang terjadi dan langsung memproses siswa pada hari bilamana ada terjadi permasalahan di sekolah tersebut. Oleh sebab itu pelaksanaan BK yang ada di SMA Muhammadiyah Sampit kurang berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan pelaksanaan BK yang berdasarkan Kurikulum.

0 Response to "Apa itu survey permasalahan BK di Sekolah?"

Poskan Komentar